Hubungan bencana alam dengan pendidikan pancasila

Hubungan bencana alam dengan pendidikan pancasila

Kita tahu bahwa alam tidak selalu terkendali dengan baik. Hal ini dapat kita lihat pada saat terjadi bencana alam, kita lihat bahwa alam yang tadinya sangat bersahabat dengan kita dapat berubah menjadi momok yang sangat menakutkan tak kala terjadi bencana, hal ini tentunya perlu adanya upaya preventif dan kuratif dalam menyikapinya. Dari sinilah pendidikan pancasila sangat berperan dalam upaya-upaya tersebut demi meminimalisir korban bahkan mencegah bencana alam terjadi. Tentunya sebagian besar upaya ini didasarkan pada nilai-nilai luhur pansicasila yang antara lain ketuhanan yang maha esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hekmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang antara lain dapat dilihat dalam berbagai tindakan dalam menghadapi bencana antara lain:

  1. Ketuhanan yang maha esa

Seperti yang kita tahu bahwa setiap agama selalu memberikan teladan yang baik baik dalam hubungan dengan tuhan ataupun dengan sesama manusia, dengan nilai luhur dari sila pertama pancasila ini manusia dituntut untuk dapat beragama, dengan adanya agama yang menjadi teladan baik ini maka manusia dapat menjadi mahluk yang welas asih, dan memliki hubungan dituntut berbuat baik dengan sesama manusia.

Hal ini jika dilihat penerapannya dalam upaya-upaya menghadapi bencana adalah denagn beramal, karena semua agama selalu mengajarkan manusia untuk saling membantu dalam kehidupan. Beramal ini dapat berupa bantuan sembako untuk korban gempa, banjir, dll

  1. Kemanusiaan yang adil dan beradab

Nilai luhur yang dapat diambil dari sila kedua pancasila adalah manusia hendaknya dapat berlaku adil dan memiliki adab. Jika dilihat dari penerapannya dalam upaya menghadapi bencana alam adalah masyarakat hendaknya dapat bersikap adil dalam memberikan bantuan adil ini bukan berarti nilai bantuan harus sama, tetapi bantuan hendaknya disesuaikan dengan individu yang mendapatkan bencana karena tidak semua manusia yang terkena bencana memiliki tingkat penderitaan yang sama.

  1. Persatuan Indonesia

Dari sila ketiga pancasila ini dapat diambil nilai luhur berupa rasa kebersamaan dalam diri rakyat Indonesia yang didalamnya tertanam jiwa satu rasa. Jadi rakyat Indonesia hendaknya memiliki sifat kebersamaan yang kuat dan senantiasa bersatu, rasa bersatu ini termasuk dalam menghadapi bencana alam.

Penerapan dalam upaya menghadapi bencana alam contohnya dengan memberi bantuan tenaga dalam bekerjasama menangulangi bencana, seperti mancari korban bencana alam, membersihkan puing-puing akibat bencana alam, dan juga dapat berupa bersama-sama mencegah terjadinya bencana alam tanah longsor dengan upaya mencegah adanya penebangan hutan secara liar.

  1. Kerakyatan yang dipimpin oleh hekmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

Nilai lihur yang dapat dipetik dalam sila ke empat pancasila ini adalah perlunya adanya musyawarah mufakat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan, musyawarah mufakat ini dapat berupa perundingan untuk menangulangi suatu masalah yang dapat berupa bencana alam misalnya.

Penerapan sila ke empat pancasila dalam hubungannya dengan upaya menghadapi bencana adalah perlunya suatu musyawarah mufakat untuk menangulangi ataupun mencegah bencana alam karena kita tahu bahwa pendapat banyak orang akan lebih efektif bila dibandingkan dengan pendapat perorangan. Dengan adanya musyawarah ini masalah sesuit apapun seperti bencana alam dapat dengal lebih mudah di atasi baik pencegahan ataupun penangulangannya.

  1. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Pada sila kelima nilai luhur yang dapat diambil sangatlah penting, nilai yang dapat kita ambil ini yaitu sentingnya suatu keadilan dalam segi sosial bagi rakyat, khususnya perlakuan wakil rakyat atau pun pemerintah dalam memberi keadilan.

Penerapannya dalam upaya menghadapi bencana alam adalah pemerintah hendaknya bersikap cekatan dan adil seadil-adilnya dalam memberikan bantuan pada korban bencana alam. karena kepedulian sosial sangatlah dibutuhkan oleh mereka yang sedang membutuhkan bantuan khususnya korban bencana alam.

Hal-hal di atas adalah bukti pentingnya suatu pendidikan pancasila dalam kehidupan bangsa Indonesia, karena pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang baik dalam mengatur hubungan sosial baik sesama manusia ataupun hubungan rohani kepada tuhan, dan dengan diterapkannya nilai-nilai luhur pancasila diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah yang dihadapi contohnya seperti bencana alam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: