Metode dan instrumen riset perkembangan

Metode dan instrumen riset perkembangan

Jenis metode:

ž  Metode Observasi

ž  Metode Eksperimen

ž  Metode klinis

ž  Metode Longitudinal

ž  Metode Cross sectional

ž  Metode Differensial

ž  Metode Cross cultural
1.  Metode Observasi

Melakukan pengamatan semu tingkah laku yang terlihat pada suatu jangka waktu  tertentu atau pada suatu tahapan perkembangan tertentu..

Observasi ada 2 macam:

  1. Natural-Observation.

Bilamana peneliti melakukan semua pencatatan tanpa mengubah suasana atau mengontrol dalam situasi-siatuasi yang direncanakan, maka disebut observasi alami

Misalnya:

Observasi dilakukan thd kehidupan anak dari jam sekian sampai jam sekian, apa saja yang dilakukan.
2. Metode Eksperimen

Melakukan pengontrolan secara ketat terhadap faktor-faktor atau variabel-variabel yang diperkirakan dapat mencemari atau mengotori hasil penelitian. Metode ini tidak mudah dilakukan, karena obyeknya manusia . Kita tdk bisa mengubah lingkungan tertentu sebebas-bebasnya sehingga merangsang timbulnya reaksi tertentu pula dan yang tidak manusiawi. Kesulitan lain yaitu kita perlu memperhatikan variabel2 seteliti mungkin (var. independent) yang mempengaruhi variabel dependet.

3.  Metode Klinis

Digunakan untuk mengumpulkan data secara lebih rinci mengenai perilaku penyesuaian dan kasus-kasus perilaku menyimpang.

J   Studi Kasus Klinis

J   Studi Kasus Perkembangan

4. Metode Longitudinal

  • Dengan Metode ini, kelompok atau pribadi yang dijadikan subyek penelitian akan diberi test atau eksperimen yang sama pada suatu jangpa waktu tertentu
  • Metode jangka panjang ini sesuai untuk penelitian mengenai kontinuitas dan diskontinuitas aspek-aspek psikis seperti ketergantungan, agresivitas dan intelegensi.

5. Metode Longitudinal

  • Dengan Metode ini, kelompok atau pribadi yang dijadikan subyek penelitian akan diberi test atau eksperimen yang sama pada suatu jangpa waktu tertentu
  • Metode jangka panjang ini sesuai untuk penelitian mengenai kontinuitas dan diskontinuitas aspek-aspek psikis seperti ketergantungan, agresivitas dan intelegensi.

Keuntungan metode ini menurut (J-E- Andersen, 1954)

  • Metode ini memungkinkan melakukan analisa terhadap pertumbuhan dan perkembangan setip individu
  • Memungkinkan mengetahui gangguan-gangguan dalam perkembangan baik secara pribadi maupun dalam kelompok
  • Memungkinkan melakukan analisa terhadap hubungan antara proses pertumbuhan, baik aspek kematangan maupun pengalaman, karena data yang diperoleh berasal dari anak yang sama.

Kerugian metode ini:

Dibutuhkan waktu yang lama, biaya yang besar dan kemungkinan terjadinya gangguan yang tiba-tiba timbul dalam selang waktu antara penyelidikan yang sedang dilkukan

Misalnya, ada yang sakit atau meninggal.

6. Metode Cross-Sectional;

  • Metode yang digunakan untuk melakukan penelitian terhadap beberapa kelompok anak dalam jangka waktu yang relatif singkat.
  • Kelompok2 yang diselidiki berdasarkan umur, misalnya keompok umur 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, kekayaannya dalam perbendaharaan kata.
  • yang harus diperhatikan homogenitas kelompoknya (status sosial, kesehatan, kemampuan) agar independent variabel yang ada dpt dikurangi.

7. Metode Diferensial

  • Digunakan untuk meneliti perbedaan-perbedaan individual yang terdapat di antara anak didik.
  • Menggunakan berbagai macam teknik pengukuran (contoh: tes, angket,dsb) serta menggunakan statistik untuk menganalisis.

8. Metode Silang budaya (Cross cultural)

  • Metode ini akhir2 banyak dilakukan untuk mengetahui perbedaan-perbedaan atau persamaan pada perkembangan anak pada beberapa latar belakang kebudayaan yang berbeda.

Misalnya;

Ttg besar kecilnya pengaruh dari faktor sosial, ekonomi, pola pengasuhan dan gaya hidup terhadap ciri-ciri kepribadian dan perkembangan2 kognitif..

Ausubel & Sullivan mengemukakan pentingnya metode ini diamalkan pada tiga lapangan, yaitu:

  1. Pola asuh
  2. Perkembangan bahasa
  3. Perkembangan kognitif

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: