Perkembangan Bahasa

Perkembangan Bahasa

 

BAHASA

¨  Bahasa adalah segala bentuk komunikasi di mana pikiran dan perasaan seseorang disimbolisasikan agar dapat mcnyampaikan arti kepada orang lain

 

PERKEMBANGAN BAHASA

¨  Perkembangan bahasa dimulai dari tangisan pertama hingga bisa bertutur kata

¨  Perkembangan Bahasa terbagi 2 periode:

¨  Periode prelinguistik (0-1th)

¨  Periode Linguistik (1-5th)

 

Periode Pre-linguistik

¨  Suara pertama sbg dasar Fisiologis-biologis, merupakan proses emosional.

¨  Rasa nyaman dan tidak nyaman ditentukan oleh faktor fisiologis, namun mempunyai arti emosional

¨  Suara pertama yang dikeluarkan: a, e, I, o, u (huruf Vocal) dan huruf konsonan (b, p, n, k, g, r)

Periode Linguistik (1-5 tahun), dibagi dalam 3 fase:

¨  Fase satu kata atau Holofrase

Pada fase ini anak mempergunakan satu kata untuk menyatakan pikiran yang kompleks, baik yang berupa keinginan, perasaan atau temuannya tanpa perbedaan yang jelas.

Misalnya kata duduk, bagi anak dapat berarti “saya mau duduk”, atau kursi tempat duduk, dapat juga berarti “mama sedang duduk”

 

¨  Fase lebih dari satu kata

Pada fase ini anak sudah dapat mcmbuat kalimat sederhana yang terdiri dari dua kata. Kalimat tersebut kadang-kadang terdiri dari pokok kalimat dan predikat, kadang-kadang pokok kalimat dengan obyek dengan tata bahasa yang tidak benar.

kmd 3, 4 kata dst..

¨  fase diferensiasi

Keterampilan anak dalam berbicara mulai lancar dan berkembang pesat.

Anak telah mampu mempergunakan kata ganti orang “saya” untuk menyebut dirinya, mampu mempergunakan kata dalam bentuk jamak, awalan, akhiran dan berkomunikasi lebih lancar lagi dengan lingkungan.

Anak mulai dapat mengkritik, bertanya, menjawab, memerintah, memberi tahu dan bentuk-bentuk kalimat lain dengan  pembicaraan “gaya” dewasa.

 

Fungsi Bicara:

¨  Sebagai pemuas kebutuhan dan keinginan

¨  Sebagai alat untuk menarik perhatian orang lain

¨  Sebagai alat untuk membina hubungan sosial

¨  Sebagai alat untuk mengevaluasi diri sendiri

¨  Untuk dapat mcmpengaruhi pikiran dan peiasaan orang lain

¨  Untuk mempengaruhi perilaku orang lain

 

 

 

 

 

 

Potensi Anak Berbicara Didukung oleh Beberapa Hal

¨  Kematangan alat berbicara
Misalnya tenggorokan, langit-langit, lebar rongga mulut dan Iain-lain

¨  Kesiapan berbicara
Kesiapan dimaksud biasanya dimnlai sejak anak berusia antara 12-18 bulan, yang discbut teachable moment

¨  Adanya model yang baik untuk dicontoh oleh anak

¨  Kesempatan berlatih

¨  Motivasi untuk belajar dan berlatih

¨  Bimbingan

Penelitian Neurofisiologis

¨  Menunjukkan, belajar bicara dan perkembangan struktur neural yang spesifik yang berhubungan dengan bahasa mempunyai lokalisasi terutama dalam hepisfer otak bagian kiri.

¨  Jika terjadi kerusakan —àpengaruh buruk terhadap kemungkinan belajar bicara

¨  Jika kerusakan sangat awal, maka hemisfer kanan mengambil alih fungsi.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: