Perkembangan kepribadian

Perkembangan kepribadian

Setiap individu memiliki ciri  atau sifat atau karakterisitik  bawaan (heredity) dan  karakteristk yang diperioleh dari  lingkungan. Apa yang dipikirkan  dan dikerjakan seseorang, atau  apa yang dirasakan oleh anak,  atau remaja atau dewasa  merupakan hasil perpaduan  antara apa yang ada di antara  faktor-faktor biologis yang  diturunkan dan pengaruh- pengaruh lingkungan.

1 Nature

Nature merupakan aspek yang  mempengaruhi karakteristik  individu yang didasarkan pada  gen dan karakteristik dasar (yang  ada sejak lahir) pada diri manusia.

1.1 Seleksi dan kombinasi gen

Organisme yang baru, mewarisi  potensi  perkembangan tertentu  dari orang  tuanya.Keterampilan  dan sikap yang  dimiliki sejak  lahir, merupakan pewarisan  dari  orang tua serta pengatahuan yang  diperoleh sesuai dengan  kapasitas  belajarnya dan  distimulus oleh  lingkungan  disekitarnya.

1.1.1 Gen dominan

Pada umumnya ada gen yang  lebih kuat  daripada gen yang lain.  sifat dari gen  yang lebih kuat ini  tampak lebih banyak  daripada  yang lemah. Namun terjadi  penyimpangan-penyimpangan  yang  disebabkan adanya dua gen  dominan  yang saling menutupi.  Lalu sifat yang  ditimbulkan oleh  gen-gen dominan itu  terjadi  kombinasi. Selain itu sufat yang  ditampakkan juga sangat  dipengaruhi  oleh lingkungan.

1.1.2 Nutrisi

mempengaruhi perkembangan  bayi  dalam kandungan.  kemampuan dasar  yang dimiliki  seorang anak dipengaruhi  oleh  asupan nutrisi yang dikonsumsi  oleh  ibu. namun hal itu tidak dapat  dipertahankan, karena pengaruh  dari  faktor-faktor luar.

2 Nurture

Nurture merupakan aspek yang  mempengaruhi karakteristik  individu yang didasarkan pada  proses belajar dan pengalaman.

2.1 Pengaruh rumah tangga

suatu faktor yang umumnya diakui  adalah pola-pola kelakuan dan sikap  dasar seseorang dibentuk dirumah  selama tahun-tahun pertama. Anak yang  kecil itu dipengaruhi secara langsung  atau tidak langsung oleh jenis rumah  tangga tempat ia lahir dan dibesarka.  Status sosial ekonomi dan pendidikan  keluarga menentukan jumlah dan jenis  pengalaman serta situasi yang tersedia  untuk perkembangan alat-alat organisnya.

faktor pengaruh rumah tangga lain yang  penting meliputi :

1. posisi anak itu antara adik dan  kakaknya atau statusnya sebagai anak  tunggal.

2. apakah rumah tangga itu diasuh kedua  orang tuanya atau rumah tangga itu  hanya ayah ibunya bercerai.

3. tingkat konsisten orang tua dalam  memperlakukannya.

2.2 Lingkungan tetangga

minat yang sedang berkembang pada  seorang anak ditentukan oleh  pengalaman-pengalaman oleh lingkungan  tetangganya. konsentrasi rasial didalam  lingkungan tetangga seorang anak  mengindoktrinasinya didalam tradisi- tradisi kebiasaan-kebiasaan dan  kepercayaan-kepercayaan yang  merupakan sifat khas dari kelompok itu.  seorang anak biasanya mengalami  kesukaran-kesukaran penyesuaian sosial  apabila dia berada di lingkungan yang  menuntutnya memodifikasi kelakuan dan  kebiasaannya.

2.3 Sekolah

mulainya anak bersekolah merupakan  suatu titik penting dalam proses  perkembangannya. selama pengalaman  pada permulaaan sekolahnya, tingkatan  sukses yang dicapai oleh seorang anak  dalam mengembangkan potensi-  potensinya tergantung sebagian pada  jenis interaksi antara kelengkapan  organis dan kekuatan stimulasi  lingkungan untuk sebagian yang lain  pada pengertian guru akan kapasitas  keturunannya dan pola kebiasaan  kelakuannya.

2.4 Masyarakat

masyarakat memiliki pola fikir yang  berbeda antara masyarakat yang satu  dan yang lain. misalnya antara  masyarakat desa dan masyarakat kota.  setiap orang yang menjadi bagian dari  masyarakat kota dituntut untuk berpikir  cerdas dan inovatif dalam  mempertahankan hidupnya. seseorang  yang tidak memiliki daya saing yang  tinggi akan tersingkir dengan sendirinya.  sedangkan masyarakat desa sebagian  tidak menuntut warganya untuk belajar  dan berpikir kritis karena pola pikir  mereka hanya berusaha mengikuti apa  yang ditinggalkan nenek moyang.  Sehingga orang yang terbiasa hidup di  desa akan kesulitan untuk bersaing  dengan yang lainnya apabila hidup di  kota.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: